Sabtu, 25 April 2009

Perairan Gresik Tercemar Minyak Hess

GRESIK - Laut Indonesia kembali tercemar tumpahan minyak. Kali ini, perairan Maspion di Manyar, Gresik, Jawa Timur, tercemar oleh tumpahan minyak yang diduga dari Hess Indonesia Pangkah Limited.

Tumpahan yang berada di sekitar Pelabuhan Maspion, diakui oleh pihak Hess Indonesia Pangkah Ltd.

"Tumpahan minyak itu memang benar berasal dari Hess. Tapi apa penyebabnya dan sumbernya dari mana, kami masih belum mengetahuinya secara persis," kata Tino Ardianto External Relation Supervisor Hess Indonesia Pangkah Ltd kepada wartawan, Senin (13/4/2009).

Sementara itu, begitu menerima laporan telah terjadi pencemaran minyak di sekitar Pelabuhan Maspion Manyar Gresik Jawa Timur, pihak kepolisian setempat langsung turun tangan.

"Kami menerima laporan dari Polsek Manyar Gresik tadi malam," kata Kapolresta Gresik Jawa Timur, AKBP M Iqbal.

Berdasarkan keterangan warga, pencemaran minyak ini sebenarnya sudah terjadi sejak Rabu pekan lalu. Namun warga baru melaporkan ke polisi, Minggu malam.

Begitu mendapatkan laporan dari Polsek Manyar Gresik, polisi langsung meninjau ke lapangan. Iqbal menyatakan, turunnya pihak kepolisian ini untuk melakukan penyelidikan atas kasus pencemaran minyak ini.

"Kami masih melakukan penyelidikan atas kasus ini. Apakah ada kesengajaan atau kelalaian dari pengelola," kata dia.

Jika dari hasil penyelidikan terbukti ditemukan kesengajaan atau kelalaian dari pihak pengelola, sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran, maka polisi bisa menjeratnya dengan undang-undang lingkungan hidup.

Iqbal menambahkan, jika penyelidikan yang akan dilakukan polisi ini yang akan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti Badan Lingkungan Hidup, Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Surabaya, dan BP Migas.

"Kasus seperti ini, termasuk kasus teknis, sehingga polisi tidak dapat menyimpulkan sendiri. Berbeda dengan kasus pidana umum," terang Iqbal.

Rencananya, Puslabfor Mabes Polri akan bekerja turun ke lapangan untuk memulai penyelidikan besok, Selasa 14 April. Saat ini, pihak Hess Indonesia Pangkah Ltd, sudah berupaya untuk melokasir pencemaran minyak tersebut, agar tidak semakin meluas.

Selain melokalisir pencemaran minyak, Hess Indonesia Pangkah Ltd, juga sudah melakukan pembersihan pencemaran minyak tersebut.

by Amir Tejo

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates